Minggu, 27 Januari 2013

Learn how to stop Judging..

Dear Life,

Hello guys. Akhirnya sempet nge blog juga skrg, even Now im working, so busyyyy, untung ada application khusus Blogger :D jadi bisa update ga repot repot nih.
So yeah, sekarang pengen banget nge bahas tentang 'Judge'. Yeah, sering banget mendengar orang orang yg mungkin so easy gitu main nge judge, i mean kita juga ga tau yg benar yg mana ya kan?so yuk mari kita bahas..

Maybe kita or teman teman kita sering banget nge Judge orang lain.. Bagus ga sih nge Judge gitu?yuk kita intip firman Alkitab...

"Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi. Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu"- Mat 7:1-2

"Hanya ada satu pembuat hukum dan Hakim, yaitu Dia yang berkuasa menyelamatkan dan membinasakan. Tetapi siapakah engkau, sehingga engkau mau menghakimi sesamamu manusia?" - Yakobus 4:12

Yesss.. Sudah sangat jelas perbuatan saling menghakimi itu tidak baik. Mungkin dari kita juga masih melakukan hal 'Judge' itu.. Contoh simple seperti ini..
Mungkin pada suatu saat kamu punya teman yg merokok, lalu kalian lagi kumpul bersama,lalu teman kamu yg sedang merokok Lagi mau cari barang di dalam tas, karena dia sedang merokok jd sulit utk mencari barang yg ada di dalam tas nya, dia minta tolong kamu untuk memegangi sebentar rokoknya, dan pada saat kamu sedang memegangi rokoknya, ada beberapa orang yg mungkin teman kamu atau orang yg mengetahui Anda melihatnya.. Pikiran apa yg paling pertama dipikirkan oleh mereka?? "wah pasti dia ngerokok tuh".. Pasti kebanyakan orang berpikir seperti itu.. Ini adalah jawaban jawaban yg sudah aku pertanyakan kpd teman teman sekitar aku apa yg terpintas di pikiran mereka. Yeah, padahal kamu tidak merokok kan, tp karena kamu dengan hanya 'memegangi' saja , orang orang bisa membuat pikiran itu, dan dari pikiran itu mungkin bisa jadi bahan pembicaraan.. This is the problem guys.. Kita harus belajar untuk tidak gampang berpikiran buruk terhadap orang orang di sekitar kita. Karena kita tidak tahu kebenaran yg sebenarnya itu apa.. Ini kasus simple yg mungkin sering kali kita perbuat.. memang kita tidak akan peduli kalau dia memang merokok atau tidak, tapi kebanyakan dari kita mungkin akan mencari kejelekan nya dan dijadikan bahan pembicaraan, padahal anda tidak tahu kebenarannya yg terjadi.. 

"If you judge people, you have NO time to love them" - Mother Teresa

"Judging Others makes us blind, whereas love is illuminating. By judging others we blind ourselves to our own evil and to the grace which others are just as entitled to as we are"- Dietrich Bonhoeffer


"When sinners judge, God takes the stand" - Toba beta


Silence.
Dengan Kita men judge orang orang di sekitar kita, sama saja kita memicu pertengkaran, permusuhan, dan kejelekan yg ada pada diri kita sendiri. Kita bahkan tidak tahu kan apa yg sedang kita bicarakan itu benar atau tidak. Yah, memang ada pepatah 'Silence is Golden'.. Yes, kadang saya setuju kok dengan pepatah itu. Bukan nya kita harus selalu diam, tapi kita harus belajar untuk Diam disaat dimana kita harus diam dan mengikat diam Lidah kita. Tidak ada masalah dengan orang yg bawel, maksud dari 'Bawel' itu mungkin sering bercanda, mengajak orang ngobrol yah itu tidak ada masalah.. tapi untuk belajar Diam itu diperlukan kepada mereka yg mungkin sering bawel dalam hal berbicara hal yg tidak baik.. aku juga ngerti kalo itu susah. tapi kalo belajar pelan pelan pasti bisa.
seperti disaat mungkin orang-orang di sekitar kamu sedang membicarakan kejelekan orang lain, mungkin itu disaat tepat kalau kamu sebaiknya Diam saja. just Silent & Listen. belajar untuk tetap diam. toh tidak ada untung nya jika kamu ikutan berbicara tentang hal buruk, malah banyak kerugianya :)

"Demikian jua lidah,walaupun suatu anggota yg kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan perkara perkara yg besar. Lihatlah betapapun kecilnya api,Ia dapat membakar hutan yang besar" - Yakobus 3:5

"Tetapi tidak seorangpun yang berkuasa menjinakkan lidah; ia adalah sesuatu yang buas, yang tak terkuasai, dan penuh racun yang mematikan" - Yakobus 3:8

"To silence another, first be silent yourself"

"Better to remain silent and be thought a fool than to speak out and remove all doubt" - Abraham Lincoln

Dont Judge a book by its cover!
Dont judge! kalian tidak pernah akan menebak isi dalam nya buku itu apakah bagus atau tidaak kan.. mungkin memang 'Cover' nya kurang bagus, tapi siapa yg tahu kalau dalam nya ternyata bagus?
kasus simple like this, Misalnya pekerjaan anda adalah seorang pelayan, lalu anda sedang bekerja di sebuah restaurant yg mewah, lalu tiba tiba ada tamu yg ingin makan ke restaurant di tempat anda bekerja, lalu pakaian sang tamu itu sangat lah benar benar tidak rapi, mungkin cara berpakaiannya kurang pantas atau 'jelek' dibanding tamu tamu restaurant yg lain, yg mungkin lebih formal, rapi, terlihat mewah.. lalu anda disuruh melayani tamu yg tidak rapi itu.. tapi anda malah berpikir kalau orang ini mungkin tidak punya uang yg cukup untuk membayar atau mungkin dia hanya lah tamu biasa biasa saja tidak terlalu penting untuk diperhatikan.. dan anda dengan seenaknya berbuat atau berbicara tidak sopan dengan dia karena bagi anda dia hanya lah tamu 'tidak penting'. Tapi ternyata Tamu 'tidak penting' itu adalah bos Restaurant anda bekerja! Bos itu sangat kaya tapi dia memang berpakaian sederhana dibandingkan tamu tamu yg datang ke restaurantnya. apa yg anda rasakan setelah mengetahui itu ? Malu.
Sudah jelas pasti malu.. malu pada diri kita sendiri. Kita tidak boleh begitu gampangnya meremehkan orang lain, dari kasus ini kita perlu belajar untuk lebih menghargai orang lain, tidak memandang perbedaan. kita semua sama, di Mata Tuhan kita semua indah..
tidak ada yg lebih tinggi dan rendah di Bumi ini. derajat kita semua sama.. 

Whats past is past.
Sering sekali kita men Judge orang lain berdasarkan kesalahan kesalahan yg terlah mereka perbuat.. atau kita mendengar tentang kesalahan yg mungkin orang lain perbuat. *yang bahkan kita tidak tahu apakah itu benar atau tidak*
I mean like nobody's perfect.. semua orang berbuat kesalahan. betul kan? mau seindah apapun, mau sekaya apapun kita tidak akan pernah menjadi sempurna, pasti membuat kesalahan. setiap masing masing orang pasti mempunyai kesalahan pada masa lalu nya, dan untuk orang orang yg pintar pasti akan berusaha untuk tidak mengulangi nya lagi..
kita harus belajar untuk memberi kesempatan terhadap orang orang yg membutuhkan 'kesempatan' itu.
mungkin kita baru bertemu atau berkenalan dengan orang baru, yah dan kita sering dengar bahwa teman kita yg baru kenal ini dulu nya adalah pemakai narkoba, pencuri, jelek sikapnya, dan yg negative negative, tapi terhadap kita atau yg kita lihat melalui mata dan hati kita dia tidak seperti yg orang lain bicarakan.. mungkin ini adalah masa lalu nya atau ini hanya 'Gossip' saja. anda yg menilai kan. tapi alangkah baiknya kalau selama kita berteman dengan seseorang jangan melihat masa lalu nya, mungkin saja orang itu sudah berubah, ya kan? nobody's perfect.
begitu pula dengan kita, apa kalian mau, jika kalian mau berteman dengan seseorang, dan seseorang itu mendengar tentang masa lalu atau kejelekan kita lalu dia segera menjauhi kita? kalau tidak mau terjadi pada anda, jangan lakukan hal itu terhadap orang lain.. 

"Dont judge me by my past. i dont live there anymore"

"Just remember the way you think about a person, isnt the way the actually are" - John Green

"Dont ever judge anyone. You dont know their story and whats really going on. a smile can hide so much"

"who are you to judge the life i live?i am not perfect and i dont have to be. before you start pointing fingers, make sure your hands are clean" - Bob Marley


Tak kenal maka tak Sayang
yes. tak kenal maka tak sayang, aku sering denger banget kata kata ini. tapi memang benar loh pernyataan ini. banyak juga di antara kita mungkin bertemu dengan seseorang yg baru tapi tidak mengenal nya tapi kita sudah membicarakan hal yg buruk atau mungkin karena dari muka 'orang' itu sangat Jutek atau kehilatan menjengkelkan hati kita.. ntah kenapa. padahal mungkin kita belum mengenali nya. Ketika kita mengenali nya tanpa disangka ternyata dia adalah orang yg sangat menyenangkan, baik dan mungkin lebih baik daripada teman teman sekitar anda.. padahal first time kalian bertemu, kalian sempat mencibir/berbicara buruk tentang ny/jutek terhadapnya.. ini pasti pernah terjadi kan. Sebaiknya kita harus belajar untuk lebih 'berteman' karena kamu juga tidak tahu kan apa yg terjadi nanti.. 


kamu tidak akan pernah mengerti pilihan mereka,kejadian apa yg mereka telah lalui sehingga mereka menjadi seperti itu, belajarlah.
Tidak ada manusia yg sempurna, semua memiliki masa lalu masing masing, kesalahan masing masing, dan tetap akan berlanjut seperti itu, kita sebagai manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain juga bukan? Spread the love.. learn how to stop judging :)







3 komentar: